Selasa, 31 Maret 2009

MANFAAT LIDAH BUAYA (ALOE VERA)

Akhir-akhir ini saya mendapatkan informasi tentang manfaat dari tanaman lidah buaya, selama ini saya hanya tahu bahwa lidah buaya hanya sebagai tanaman hias saja tapi ternyata anggapan saya itu keliru sekali.
Ternyata sudah sejak lama orang-orang memanfaatkan tanaman ini terutama untuk penyembuhan penyakit. Di bawah ini saya akan memberikan sedikit contoh manfaat dari tanaman :

1. Untuk menghilangkan Jerawat/ Wajah berminyak
Ambil daging lidah buaya lalu oleskan getahnya ke wajah kita yang ada jerawatnya. Atau bisa digunakan seperti masker tinggal dioleskan getahnya kewajah kita, tapi sebelumnya bersihkan terlebih dahulu wajah kita. Bila getah sudah mengering bersihkan wajah kita dengan air dingin. Insya Allah dalam waktu kurang lebih 3 hari jerawat mengering.

2. Untuk minuman/Es
Selain untuk kecantikan lidah buaya juga bisa digunakan sebagai minuman enak. Caranya yaitu :

- Ambil daging lidah buaya buang bagian kulit luarnya lalu sisihkan.
- Rebus air beri daun pandan setelah mendidih masukkan daging lidah buaya lalu
angkat.
- Supaya enak sajikan dengan es jangan lupa beri gula supaya manis

Sweet Aloe VeraBahan :
1kg lidah buaya besar
1 sdm garam
1 sdm air kapur sirih
1/2 sdt tawas ditambah 1 lt air, aduk hingga larut
250 gr gula pasir
500 ml air
2 lembar daun pandan

Cara:
- Kupas lidah buaya potong kotak panjang, lumuri dengan garam dan air kapur sirih. Diamkan 1 jam lalu bilas sampai bersih dan lendir hilang, tiriskan.
- Rebus air, gula pasir, dan daun pandan sampai mendidih. Aduk, angkat dan masukkan lidah buaya. Dinginkan dan simpan di lemari es, lalu sajikan


3. Sebagai obat luka bakar
Apabila kita sedang memasak di dapur dan tiba-tiba kulit kita terkena percikkan minyak panas atau air panas segera olesi dengan getah lidah buaya, lakukan secara berulang-ulang hingga rasa panas pada luka berangsur hilang. Pengobatan sudah saya buktikan sendiri dan alhamdulillah setiap kulit saya yang terkena percikan minyak panas saya olesi tentunya dengan terus menerus sampai sembuh kulit yang luka tidak sampai melepuh.

4. Sebagai obat memar
Bila anggota keluarga kita ada yang luka memar akibat terbentur obati segera dengan getah lidah buaya caranya olesi bagian tubuh yang memar tentunya tidak hanya sekali tapi berulang-ulang luka memar hilang.

5. Melembabkan rambut kering
Oleskan lendir/getah daun lidah buaya pada rambut yang masih lembab setelah keramas, mulai dari bagian ujung hingga ke pangkal rambut. Pijat lembut, lalu bungkuslah dengan handuk hangat selama kurang lebih 30menit. Setelah itu bilas hingga bersih. Perawatan ini juga mampu mengembalikan kilau rambut yang kusam karena pewarnaan

6. Penyubur rambut
Daun lidah buaya dicuci, dikupas. Isinya digosokkan pada kulit kepala yang telah dikeramas pada sore hari. Bungkus kepala dengan kain. Keesokan harinya, rambut dibilas. Lakukan setiap hari selama 3 bulan.

7. Untuk Perawatan Kulit

Melihat begitu bermanfaatnya tanaman ini maka saya anjurkan segeralah untuk menanam lidah buaya di rumah dan budidayakanlah.

  • Kulit Halus dan Bercahaya
Ambil daun lidah buaya secukupnya, lalu kupas kulitnya. Potong-potong kecil dan masukkan kedalam blender. Balurkan lidah buaya yang sudah diblender pada kulit yang kering.

  • Keloid
Daging daun lidah buaya diblender. Tambahkan gambir dan norit secukupnya, lalu haluskan. Ambillah 30 gr daun dewa, lalu haluskan juga. Semua bahan diaduk rata, oleskan ada bekas jahitan lakukan2-3 kali sehari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template Design by SkinCorner from Jack Book